Cerita di Balik Pertumbuhan BISI Tahun 2015

Ketika pertumbuhan ekonomi Indonesia sedang slowing down, BISI mampu meningkatkan penjualan 2x lipat dan laba bersih hampir 4x lipat dalam 4 tahun (2013-2017).

Sebagian besar emiten di industri Plantation & Crops menjalankan bisnis kelapa sawit atau CPO. Dari 20-an emiten, mungkin hanya 2-3 emiten yang berbeda jalur, salah satunya adalah BISI.

Bagi rekan-rekan yang bekerja atau dekat dengan industri perkebunan pasti tidak asing lagi dengan popularitas BISI. Berdiri sejak tahun 1983, PT BISI International Tbk (BISI) merupakan salah satu perusahaan produksi benih tanaman dan agrokimia terbesar di Indonesia. Mulai dari benih, pupuk, pestisida sampai zpt, hampir semua kebutuhan petani disediakan oleh BISI ini.

BISI dikendalikan oleh Chearavanont Family (Thailand) atau yang lebih dikenal sebagai Charoen Pokphand Group, pemimpin industri Poultry di Indonesia.

keluarga chearavanont

Playbook-nya pun hampir serupa, PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN) juga menyediakan hampir seluruh kebutuhan peternak Indonesia, mulai dari anakan unggas, pakan, suplemen sampai jasa kemitraan.

Oke kita kembali lagi ke BISI.

BISI membagi penjualannya menjadi 5 segmen produk yaitu:

Benih Jagung
Benih Sayur
dan Buah
Beni Padi
Agrokimia
Lainnya

Jika ditotalkan, BISI memiliki ratusan jenis benih tanaman dan puluhan jenis produk agrokimia.

Menurut rekan-rekan, segmen mana yang menjadi penyumbang utama penjualan BISI? Apakah benih padi karena beras yang menjadi kebutuhan utama masyarakat Indonesia?

segmen penjualan bisi
sales segment

Ternyata penyumbang penjualan terbesar BISI berasal dari segmen benih jagung yang mencapai 55%.

Sedangkan benih padi hampir tidak terasa, hanya 0.5%.

Data segmen penjualan yang digunakan adalah sebelum pandemi, yaitu tahun 2019 yang lebih mencerminkan kondisi penjualan normal perusahaan.

Jika kita lihat secara keseluruhan, profitabiltias bisnis BISI pun terus bertumbuh, terutama di periode tahun 2013-2017.

penjualan bisi
laba bersih bisi

Kira-kira dari mana asal pertumbuhan profitabilitas tersebut? Faktor apa saja yang mendukung pertumbuhan bisnis BISI? Apakah ke depannya akan terulang lagi?

Mari kita pelajari!

Yuk Lanjut Baca

INVESTABOOK Insight

 

Langganan & Akses 250+ Insight Lainnya

Jika sudah berlangganan, kamu bisa login di sini!

 

Dharma Djiauw

Investor aktif sejak 2019. Interested in internet and tech.

Bagikan dan Diskusikan

Telegram
WhatsApp
Twitter
Facebook
0 0 votes
Rating Analisis
Subscribe
Notify of
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Rekap Laporan Keuangan Sudah Terkirim!

Silahkan cek email kamu!