5 Hal yang Perlu Dipantau dari Laporan Keuangan Kuartalan

Laporan keuangan kuartalan adalah privilege luar biasa yang didapatkan oleh investor publik. Sayangnya, tidak semua mampu memanfaatkannya dengan baik.

Investor perusahaan publik punya privilege luar biasa dibanding investor perusahaan privat. Semua aksi korporasi yang material harus selalu dilaporkan ke bursa efek. Update kondisi dan kinerja keuangan perusahaan juga bisa kita dapatkan setiap 3 bulan.

Dengan update pada kondisi dan kinerja keuangan terkini perusahaan, kita bisa punya pertimbangan yang lebih matang untuk membuat keputusan investasi, baik berupa buy, hold, atau sell.

Meskipun media bisnis dan keuangan pun biasanya juga ikut memberitakan kinerja terkini perusahaan publik, sebagai Quality Investor kita tidak boleh bergantung pada jurnalis yang terkadang gagal memahami informasi keuangan dengan akurat.

Kita harus mampu membuat analisis fundamental yang independen tentang kinerja sebuah perusahaan saat ini dan prospeknya di masa depan.

Entah perusahaan tersebut sudah ada di portofoliomu atau masih di watchlist, berikut ini adalah 5 hal yang perlu kamu pantau dari laporan keuangan kuartalan.

Sebagai studi kasus, kami akan menggunakan dua perusahaan yang telah merilis laporan keuangan full year 2022: BBCA dan BBNI.

Yuk Lanjut Baca

INVESTABOOK Insight

 

Langganan & Akses 250+ Insight Lainnya

Jika sudah berlangganan, kamu bisa login di sini!

 

Alfisyahrin

Investor aktif sejak 2018. Suka ngulik data dan mengenali pola sejak kuliah di Sosiologi Universitas Indonesia. Percaya tentang pentingnya kualitas dalam berbagai urusan, termasuk dalam investasi. Sangat tertarik pada titik temu antara keuangan, media, dan teknologi.

Bagikan dan Diskusikan

Telegram
WhatsApp
Twitter
Facebook
0 0 votes
Rating Analisis
Subscribe
Notify of
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Rekap Laporan Keuangan Sudah Terkirim!

Silahkan cek email kamu!