Amazon Flywheel: Bisnis Amazon Sesungguhnya

Banyak orang menyangka jika AWS adalah main driver dari bisnis Amazon. Padahal sebenarnya bukan, ada bisnis lain yang lebih besar di belakangnya yang masih belum banyak orang ketahui.

Siapa sih yang tidak kenal dengan Amazon, salah satu perusahaan e-commerce dan cloud computing asal US yang memiliki pendapatan terbesar kedua di dunia

Pendaptan Amazon 2005-2021
Sumber: AMZN Annual Report

Kita bisa melihat bagaimana pendapatan AMZN yang selalu bertumbuh setiap tahunnya dari tahun 2005-2021 dengan CAGR 28,6%. Dengan pertimbangan bisnis marketplace dan cloud yang akan terus bertumbuh, kemungkinan besar pertumbuhan pendapatan ini akan terus berlanjut di tahun-tahun selanjutnya. Tidak mudah untuk bisa menghasilkan pendapatan yang bisa terus bertumbuh setiap tahunnya dalam jangka waktu yang sangat panjang. Hal ini menarik untuk kita nantikan ke depannya. Kira-kira segmen bisnis mana yang akan menjadi key driver dari pertumbuhan bisnis AMZN ke depannya?

Saat ini masih banyak investor bahkan media yang salah paham dengan bisnis AMZN ini. Banyak yang beranggapan bahwa AWS adalah main driver dari bisnis AMZN yang sesungguhnya. AWS adalah cash cow yang menjadi sumber dari surplus cashflow dan capital expenditure perusahaan. 

“Amazon Web Services has been the company’s main profit driver,” – Wall Street Journal 

“AWS is critical to Amazon’s expansion plans, thanks to its profitability,” – CNBC

Memang jika kita melihat operating profit yang tertera dalam laporan keuangan akan sangat mudah bagi siapa pun untuk menyimpulkan jika AWS adalah sumber keuntungan terbesar AMZN. 

Sumber: Amazon Annual Report

Sangat terlihat jelas jika AWS merupakan segmen bisnis yang menghasilkan keuntungan terbesar. Tetapi itu apabila dibandingkan dengan North America dan Internasional, bukan segmen bisnis lainnya. Sehingga perbandingannya tidak comparable. Menyimpulkan dari apa yang terlihat tidak selamanya benar, terkadang bisa keliru ketika kita terlalu cepat dalam memutuskannya. Begitulah yang terjadi dengan kasus AWS ini.

Padahal apabila kita coba bedah lebih dalam lagi, sebenarnya ada cash cow lain (selain AWS) yang tidak terlihat. Cash cow ini bahkan diestimasikan menghasilkan keuntungan yang lebih besar dibanding AWS. Segmen bisnis ini justru merupakan segmen bisnis penting yang akan menjadi arah bisnis AMZN kedepannya. Segmen bisnis ini menjadi “rahasia bisnis” AMZN yang kebanyakan investor belum mengetahui dan menyadarinya. 

Kira-kira, segmen bisnis apakah itu? Untuk mengetahuinya, mari kita coba bedah lebih dalam lagi secara komprehensif dan logis. 

Yuk Lanjut Baca

INVESTABOOK Insight

 

Langganan & Akses 250+ Insight Lainnya

Jika sudah berlangganan, kamu bisa login di sini!

 

Mirsal Fazrulloh

Investor Saham & Anggota Quality Investor Club (QIC)

Bagikan dan Diskusikan

Telegram
WhatsApp
Twitter
Facebook
5 1 vote
Rating Analisis
Subscribe
Notify of
4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Rekap Laporan Keuangan Sudah Terkirim!

Silahkan cek email kamu!