MARK Q2 2023: Keluar Dari Titik Terendah

Penjualan MARK mulai pulih sejak Q1 2023. Gross Profit Margin (GPM) bahkan sudah kembali ke level normal. Apakah ini tanda masalah oversupply sarung tangan dunia sudah teratasi?

Di Insight “Nasib MARK di Tengah Oversupply Sarung Tangan”, saya menulis:

“Karena tidak ada lonjakan margin laba yang signifikan saat pandemi, MARK juga tidak mengalami penurunan margin laba yang signifikan ketika oversupply sarung tangan global terjadi.

Namun, MARK justru akan mendapat dampak signifikan, ketika produsen sarung tangan bersama-sama berusaha mengurangi produksi untuk mengatasi kondisi oversupply.

Titik terang bagi Hartalega dkk justru adalah awal dari awan gelap untuk MARK dan produsen cetakan sarung tangan lainnya.”

10 bulan kemudian, hujan deras mulai terjadi terlihat nyata di laporan keuangan MARK. Penjualan dan laba bersih MARK 12 bulan terakhir yang mencerminkan dampak penuh dari pengurangan produksi perusahaan sarung tangan anjlok masing-masing -62% dan -74%.

Namun, jika dibandingkan dengan kinerja sebelum pandemi, penjualan dan laba bersih TTM 2023 MARK sebenarnya masih lebih tinggi dari tahun 2019.

Jika dilihat secara kuartalan, penjualan juga sudah melewati titik terendah (bottoming-out) di Q3 2022. Gross profit margin (GPM) MARK bahkan sudah kembali ke level sebelum pandemi.

Hal ini mengkonfirmasi dugaan saya sebelumnya bahwa excess capacity di hand former producer tidak akan memicu terjadinya oversupply di pasar dan perang harga untuk menyerap persediaan. Situasi yang sedang yang terjadi di pasar sarung tangan dunia.

Badai hujan telah berhasil dilewati, tetapi hujan belum benar-benar berhenti.

Per TTM 2023, Return on Equity (ROE) MARK menyusut jadi tinggal 13%. Rekor terendah MARK sejak tahun 2016.

Apakah ROE 10-20% akan menjadi new normal bagi MARK yang dulu biasa meraih ROE 25-35%?

Bagaimana outlook industri sarung tangan dan dampaknya ke prospek bisnis MARK ke depan?

Yuk Lanjut Baca

INVESTABOOK Insight

 

Langganan & Akses 250+ Insight Lainnya

Jika sudah berlangganan, kamu bisa login di sini!

 

Alfisyahrin

Investor aktif sejak 2018. Suka ngulik data dan mengenali pola sejak kuliah di Sosiologi Universitas Indonesia. Percaya tentang pentingnya kualitas dalam berbagai urusan, termasuk dalam investasi. Sangat tertarik pada titik temu antara keuangan, media, dan teknologi.

Bagikan dan Diskusikan

Telegram
WhatsApp
Twitter
Facebook
0 0 votes
Rating Analisis
Subscribe
Notify of

Insight Menarik Lainnya

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x

Rekap Laporan Keuangan Sudah Terkirim!

Silahkan cek email kamu!